Gedung PPM Manajemen Menteng Jakarta Pusat/Ist
AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Menjawab kebutuhan penyusunan studi kelayakan dalam rangka memahami laporan keuangan, PPM Manajemen membuka pelatihan program permodelan keuangan.
Program ini digarap melalui Executive Development Program (EDP), PPM Manajemen, sebagai program unggulan terbaru "FINANCIAL MODELING FOR FEASIBILITY STUDY" di awal tahun 2024 ini.
Meskipun ini menjadi pelatihan, namun program ini memuat materi penyusunan studi kelayakan bagi mereka yang sudah memahami laporan keuangan secara garis besar seperti Analis Bisnis; Staf Perencanaan Bisnis; Penyusun Financial Model; dan mereka yang berminat pada teknik analisis investasi.
"Program ini membahas bagaimana memahami kerangka studi kelayakan secara lengkap dan terintegrasi, juga mengajak memahami potensi pasar, aspek operasi dan SDM serta hubungannya dengan aspek keuangan." jelas Desti Delia, Head of EDP melalui rilis resmi, (27/2/2024).
Desti Delia menambahkan bahwa, studi kelayakan (Feasibility Study) semakin mendapat peranan dalam mengevaluasi kelayakan bisnis atau proyek dalam dunia bisnis yang makin kompetitif namun dapat digambarkan secara praktis.
Menurutnya, pendekatan yang komprehensif dan sistematis diperlukan untuk mendapatkan gambaran yang utuh dari suatu usulan bisnis.
"Aspek keuangan dalam studi kelayakan memiliki posisi dominan karena akan menghasilkan rekomendasi atas kelayakan keuangan," ungkapnya.
Program Financial Modeling for Feasibility Study akan diselenggarakan dengan dua metode, yakni In-Class Training selama 3 hari dengan 8 jam sehari; dan Live Virtual Training dengan durasi 4 hari dengan 12 jam perharinya. Pada seluruh metode akan diberikan rancangan praktis yang dapat langsung dipraktikkan.
Lebih lanjut dikutip dalam materi resminya, topik bahasan program ini meliputi; Kerangka dasar studi kelayakan; Aspek pemasaran dan operasi dalam studi kelayakan; Teknik-teknik dasar dalam penilaian investasi: payback, ARR, NPV, PI dan IRR; Analisis pendanaan dan struktur modal; Perhitungan biaya modal (WACC) beserta semua elemennya; Teknik menyusun proyeksi laporan keuangan dengan alternatif pendanaan yang berbeda; Life Cycle Costing (LCC) dan dasar-dasar project finance.
Tentang PPM Manajemen
Didirikan tahun 1967, PPM Manajemen telah menjadi mitra bagi pelbagai organisasi baik organisasi pemerintah, BUMN, swasta, maupun organisasi nirlaba dalam berbagi pengalaman di bidang pembelajaran teori dan praktik manajemen. Tidak hanya itu, PPM Manajemen juga telah menjadi mitra bagi para manajer dan calon manajer dalam upayanya mengembangkan keahlian atau kemampuannya di bidang ilmu manajemen.
PPM Manajemen terus berupaya tanpa henti untuk menjadi pelopor di bidang manajemen melalui berbagai riset dan penelitian yang bisa digunakan sebagai best practices bagi mitra PPM Manajemen. Hal ini sejalan dengan visi dan misi PPM Manajemen untuk terus memberikan dan menyediakan layanan berkualitas tinggi bagi mitranya.
Saat ini kualitas layanan yang terjamin dan terpercaya dari PPM Manajemen sebagai solusi manajemen terintegrasi tersedia melalui, Program Pengembangan Eksekutif, Program Pelatihan Sertifikasi, Pembelajaran Inggriya (In-House Learning), Riset dan Konsultansi, Asesmen SDM, dan Sekolah Tinggi Manajemen.