Notification

×

Iklan

Iklan

Microchip Permudah Desain Solusi On-Board Charger

Kamis, 13 Juni 2024 | 06:57 WIB Last Updated 2024-06-12T23:57:23Z

 

Desainer dapat mempercepat waktu dalam memasarkan aplikasi charger on-boardnya dengan teknologi utama dari satu pemasok, termasuk kontrol, gate drive, dan power stage


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Pasar Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicles – BEV) dan Kendaraan Listrik Hibrida Plug-in (Plug-in Hybrid Electric Vehicles – PHEV) semakin berkembang seiring dengan adanya upaya menuju dekarbonisasi yang memerlukan solusi berkelanjutan guna mengurangi emisi.

Aplikasi penting bagi kendaraan listrik adalah on-board charger yang mengubah daya AC menjadi daya DC untuk mengisi ulang baterai kendaraan bertegangan tinggi.

Microchip Technology (Nasdaq: MCHP) mengumumkan solusi On-Board Charger (OBC) yang menggunakan pilihan perangkat digital, analog, konektivitas dan daya yang memenuhi standar otomotif, termasuk Digital Signal Controller (DSC) dsPIC33C, gate driver SiC terisolasi MCP14C1 dan mSiC™ MOSFET dalam paket D2PAK-7L XL berstandar industri.

Solusi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan sistem OBC dengan memanfaatkan fungsi kontrol lanjutan DSC dsPIC33, isolasi tegangan tinggi yang diperkuat gate driver MCP14C1 dengan peredam kebisingan yang kuat, dan pengurangan switching losses mSiC MOSFET serta peningkatan kemampuan pengelolaan termal.

Untuk lebih menyederhanakan rantai pasokan bagi pelanggan, Microchip menyediakan teknologi utama yang mendukung fungsi OBC lainnya, termasuk interface komunikasi, keamanan, sensor, memori, dan pengaturan waktu.

Guna mempercepat pengembangan dan pengujian sistem, Microchip menawarkan solusi fleksibel yang dapat diprogram dengan modul software siap pakai untuk algoritma Koreksi Faktor Daya (Power Factor Correction – PFC), konversi DC-DC, komunikasi dan diagnostik.

Modul software di DSC dsPIC33 dirancang untuk mengoptimalkan kinerja, efisiensi, dan keandalan, sekaligus menawarkan fleksibilitas kustomisasi dan adaptasi untuk persyaratan OEM tertentu.

“Microchip membentuk tim megatrend E-Mobility dengan resources khusus untuk mendukung pasar yang semakin berkembang ini. Selain menyediakan kontrol, gate drive, dan power stage untuk OBC, kami juga dapat menyediakan solusi konektivitas, pengaturan waktu, sensor, memori, dan keamanan kepada pelanggan kami,” ujar Joe Thomsen, Wakil Presiden perusahaan unit bisnis pengontrol sinyal digital Microchip.

Dia melanjutkan, pihaknya sebagai pemasok terkemuka bagi OEM dan Tier-1, Microchip menawarkan solusi komprehensif untuk menyederhanakan proses pengembangan.

"Termasuk produk yang memenuhi standar otomotif, desain referensi, software, dan dukungan teknis global," lanjutnya.

Gambaran Komponen Utama

 DSC dsPIC33C memenuhi standar AEC-Q100 dan dilengkapi dengan core DSP berkinerja tinggi, Pulse-Width Modulation (PWM) beresolusi tinggi, dan Konverter Analog-to-Digital (Analog-to-Digital Converters – ADC) berkecepatan tinggi sehingga optimal untuk aplikasi konversi daya. Komponen ini memiliki keselamatan fungsional dan mendukung ekosistem AUTOSAR®.

Gate driver SiC terisolasi MCP14C1 memenuhi standar AEC-Q100 dan ditawarkan dalam paket berbadan lebar SOIC-8 yang mendukung isolasi penguat dan paket berbadan ramping SOIC-8 yang mendukung isolasi dasar.

Kompatibel dengan DSC dsPIC33, MCP14C1 telah dioptimalkan untuk menggerakkan mSiC MOSFET melalui Undervoltage Lockout (UVLO) untuk terminal output gate drive split VGS = 18V, yang menyederhanakan implementasi dan menghilangkan kebutuhan dioda eksternal. Isolasi galvanik dicapai dengan memanfaatkan teknologi isolasi kapasitif, yang dapat menghasilkan kekebalan kebisingan yang kuat dan Common-Mode Transient Immunity (CMTI) yang tinggi.


mSiC MOSFET dalam paket pemasangan permukaan D2PAK-7L XL yang memenuhi standar AEC-Q101 ini mencakup lima kabel indra sumber paralel untuk mengurangi switching losses, meningkatkan kemampuan arus, dan menurunkan induktansi. Perangkat ini mendukung tegangan baterai 400V dan 800V.

Microchip telah menerbitkan buku putih dengan informasi lengkap tentang cara solusi OBC mengoptimalkan kinerja desain dan mempercepat waktu pemasarannya.