Notification

×

Iklan

Iklan

Koramil 01/Koja Manfaatkan Lahan Bekas Sampah

Kamis, 18 Juli 2024 | 13:38 WIB Last Updated 2024-07-18T06:38:56Z

Kegiatan inisiasi program ketahanan pangan/ist/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Kodim 0502/JU melalui Koramil 01/Koja menginisiasi program ketahanan pangan berupa urban farming di Saung Asri 2, RT 001/RW 003 Kelurahan Tugu Selatan pada Jumat, 12 Juli 2024.


Sutarto, S.E, Ketua RW 003 Tugu Selatan, menceritakan asal mula pemanfaatan lahan yang dulunya bekas tempat pembuangan sampah akhir (TPA). "Dulunya lahan ini merupakan bekas tempat pembuangan sampah akhir. Tapi, karena kondisinya berada di antara pemukiman, warga banyak yang protes. Akhirnya disepakati dari musyawarah warga untuk menutup TPA ini," ujar Sutarto.


Setelah penutupan, Serda Bambang Dwi, Babinsa Tugu Selatan, mengusulkan pemanfaatan lahan tersebut untuk penghijauan. Ide ini kemudian diwujudkan bersama jajaran Tiga Pilar, pengurus kelurahan, dan masyarakat dalam upaya penghijauan kota.


"Masyarakat begitu bersemangat mendukung program ini, walau memang prosesnya memerlukan pengetahuan tentang teknik pertanian berkelanjutan. Tanah yang sebelumnya tercemar harus diolah agar bisa subur kembali," kata Mayor Kav Didik Hendro Phidyanggoro, S.E, Danramil 01/Koja, Rabu (17/7).


Program urban farming ini merupakan kerjasama antara TNI AD dengan masyarakat yang bertujuan menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan potensi pangan di wilayah perkotaan. 


Harapannya, program ini mendapat dukungan dari pejabat pemerintahan sehingga dapat memperluas perhatian publik untuk memanfaatkan potensi wilayah di lingkungan sekitar.