Notification

×

Iklan

Iklan

KSEI Tunjuk BCA Syariah Sebagai Bank Administrator RDN dan Pembayaran

Selasa, 23 Juli 2024 | 15:30 WIB Last Updated 2024-07-23T08:30:03Z

Direktur BCA Syariah Pranata (kedua dari kiri) menandatangani perjanjian kerja sama dengan KSEI di Gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Jumat (19/7/2024)/Foto : dokumen Humas BCA Syariah/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - PT. Bank BCA Syariah (BCA Syariah) dipilih kembali oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai Bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Bank Pembayaran Periode 2024-2029. 


Kerja sama ini merupakan bagian dari dukungan BCA Syariah dalam mendukung perkembangan transaksi pasar modal di Tanah Air.


Penunjukkan tersebut ditandai dengan Penandatanganan Kerja Sama pada 19 Juli 2024 yang dilakukan oleh KSEI bersama 23 Bank lainnya di Gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Jumat (19/7/2024). Hadir menandatangani perjanjian kerja sama, Direktur BCA Syariah Pranata dan Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat.


Direktur BCA Syariah Pranata mengatakan pihaknya menyambut baik penunjukkan sebagai Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran.


“Partisipasi BCA Syariah kali ini merupakan komitmen BCA Syariah dalam meningkatkan pangsa pasar keuangan syariah di Indonesia khususnya terkait pasar modal. Kami berharap sinergi dengan KSEI ini dapat membangun minat masyarakat untuk transaksi saham Syariah,” ujar Pranata dalam rilis resminya yang diterima Akuratnews, Selasa (23/7/2024).


Lebih lanjut Pranata menjelaskan, kerja sama BCA Syariah dan KSEI sebagai Bank Administrator RDN telah berlangsung sejak 2015. RDN BCA Syariah menunjukkan pertumbuhan yang positif. Sampai dengan Juni 2024, pertumbuhan RDN BCA Syariah menunjukkan pertumbuhan yang positif yang mencapai 38 ribu rekening sebesar Rp52,7 miliar, tumbuh 8,33 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.


Dalam menunjang transaksi nasabah di pasar modal, BCA Syariah menyediakan berbagai fasilitas penunjang seperti informasi saldo dan mutasi RDN yang dapat diakses melalui mobile dan internet banking BCA Syariah.


“Minat masyarakat terhadap transaksi saham syariah terlihat semakin meningkat. Oleh karena itu, butuh sinergi antar pelaku industri untuk memberikan layanan yang terbaik bagi nasabah. BCA Syariah mengembangkan fasilitas e-channel yang dimiliki agar nasabah bisa mengakses RDN yang dimiliki kapan pun dan dimana pun melalui BCA Syariah Mobile dan Klik BCA Syariah," ungkapnya.


"Hingga saat ini, BCA Syariah telah bekerjasama dengan 11 Perusahaan Efek (PE) dalam menyediakan fasilitas RDN Syariah,” tambah Pranata.


Sementara itu, Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat menyampaikan, berdasarkan data per Juni 2024, total investor di pasar modal telah tembus 13 juta investor, dengan rata-rata penyelesaian transaksi harian sebesar Rp12,3 triliun


Rata-rata pertumbuhan investor tercatat sebesar 38,7 persen per tahun sejak 2020, hingga dominasi individu lokal sebesar 99 persen dari total investor. Pertumbuhan ini merupakan alasan utama upaya KSEI untuk memberikan kemudahan bagi investor, salah satunya melalui penunjukan Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran yang kredibel.


“Dengan dukungan 23 Bank Administrator RDN dan Bank Pembayaran periode 2024-2029 ini, diharapkan dapat memperkuat fondasi untuk membangun dan memajukan pasar modal Indonesia menjadi semakin baik lagi untuk kedepannya,” pungkas Samsul. (Sri Sugiarti)