Notification

×

Iklan

Iklan

Perhutani Bandung Utara Laksanakan Komando Penaburan Benih Jati KBK di Bandung

Selasa, 20 Agustus 2024 | 12:47 WIB Last Updated 2024-08-20T05:47:22Z

Perhutani Bandung Utara Laksanakan Komando Penaburan Benih Jati KBK di Bandung
Pelaksanaan tabur benih jati di Kebun Benih Klonal (KBK)/Ist/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, BANDUNG UTARA - Dalam rangka mengawali persiapan penanaman, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Bandung Utara menggelar kegiatan penaburan benih jati di Kebun Benih Klonal (KBK) di petak 13 E Resor Pengelolaan Hutan (RPH) Rajamandala, Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Padalarang dalam keterangan yang diterima, Senin (19/8/2024).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Administrator KPH Bandung Utara Hendrawan Nugraha, Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Hutan (PSDH) Kartiwa, Kepala Seksi Produksi dan Ekowisata Dadi Santosa, Kepala BKPH Padalarang Iyus Rustandi beserta jajarannya, dan Kepala Desa Hutan Lembaga Masyarakat (LMDH) Sukamakmur Mamat Karso beserta anggotanya.

 

Hendrawan Nugraha menjelaskan, benih yang disemai merupakan benih jati unggul yang dikembangkan di Kebun Benih Klonal (KBK) Pusat Penelitian dan Pengembangan Cepu.

 

“Keberhasilan tanaman dimulai dari tahap pembibitan. Dengan menggunakan benih unggul dan perawatan yang tepat, diharapkan dapat menghasilkan benih yang sehat dan berkualitas. Target kami mencapai persentase pertumbuhan lebih dari 95%, sehingga bibit siap tanam tumbuh maksimal,” jelas Hendrawan.

 

Ketua LMDH Sukamakmur Mamat Karso mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas kesempatan mengikuti kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan banyak pengetahuan tentang cara membuat persemaian jati yang baik dan benar.

 

“Sebagai mitra Perhutani, kami bangga bisa terlibat dan siap mendukung program Perhutani dalam rangka konservasi hutan,” pungkas Mamat.