Notification

×

Iklan

Iklan

Usung "Kuliah Jalan-Jalan, Lulus Jadi Ahli", Universitas Budi Luhur Luncurkan Prodi Pariwisata

Kamis, 29 Agustus 2024 | 19:53 WIB Last Updated 2024-08-29T14:59:15Z

Usung "Kuliah Jalan-Jalan, Lulus Jadi Ahli", Universitas Budi Luhur Luncurkan Prodi Periwisata
Peresmian Prodi Pariwisata Universitas Budi Luhur/Redaksi/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - Universitas Budi Luhur (UBL) akhir bulan Agustus 2024 ini memberikan kejutan. Di bulan ini, UBL meluncurkan program studi Pariwisata, yang masuk dalam rumpun Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UBL tersebut, dilakukan oleh Rektor UBL Prof Dr. Agus Setyo Budi, M.SC pada Kamis (29/8/2024).

 

Ada tiga peminatan yang ditawarkan oleh UBL melalui prodi yang merupakan anak bungsunya ini. Mengusung tagline “Kuliah Jalan-Jalan, Lulus Jadi Ahli”, prodi Pariwisata UBL menawarkan peminatan Manajemen Travel, Ekowisata dan Industri Pariwisata.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam video sambutannya menyampaikan apresiasinya atas dibukanya prodi Pariwisata UBL. “Hari ini adalah momen bersejarah bagi Universitas Budi Luhur terutama terkait dengan perannya dalam menghasilkan sumber daya manusia di bidang pariwisata dengan dibukanya Program Studi Pariwisata,” kata Sandiaga.

 

Program Studi ini dirancang dengan pendekatan yang komprehensif yang mengintegrasikan, baik teori maupun praktek dalam Manajemen Pariwisata. Karena itu, Sandiaga mengajak semua pihak memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi agen perubahan di industri pariwisata, dengan saling bersinergi dalam menjadikan pendidikan pariwisata sehingga sektor pariwisata di Indonesia semakin unggul dan maju.

 

Sebelumnya, Rektor UBL Prof Agus dalam sambutannya mengatakan pembukaan prodi Pariwisata merupakan bagian dari amanah dan statuta serta restra UBL yang harus diwujudkan. “Jadi pembukaan prodi Pariwisata ini bukan latah. Ini adalah proses perjalanan yang panjang yang memang harus saya wujudkan selaku rektor,” ujar Prof Agus.

 

Menurutnya sektor pariwisata di Indonesia perlu digarap lebih serius lagi. Karena dengan potensi keindahan alam dan ragam budaya yang sedemikian kaya, sektor pariwisata di Indonesia belum mampu mendatangkan wisatawan sesuai harapan.

 

Sebagai contoh, Rektor membandingkan antara destinasi wisata Phuket di Thailand dengan pulau dewata Bali. “Di Bali, wisata apa saja ada. Laut, gunung dan pusat hiburan semua ada. Tetapi mengapa jumlah wisatawannya jauh lebih kecil dibanding Phuket yang hanya menawarkan pantai? Ini ada apa?” tegasnya.

 

Selain itu, kunjungan wisatawan ke Indonesia yang durasinya lebih cepat juga menjadi catatan penting yang perlu diperhatikan oleh pelaku industri pariwisata. Rektor mengungkapkan adanya pengalaman-pengalaman kurang menyenangkan yang dialami wisatawan, meski itu hal yang boleh dibilang sangat sepele, akan membuat wisatawan kurang nyaman berkunjung ke Indonesia. “Hal sepele, hal kecil namun dampaknya luar biasa,” tambah Prof Agus.

 

Oleh karena itu, UBL hadir untuk membantu, dan berkontribusi langsung membenahi hal-hal yang diperlukan pada sektor pariwisata dengan melahirkan SDM pariwisata yang handal dan profesional.

 

Berbeda dengan Perguruan Tinggi Lain

 

Peminatan yang ditawarkan UBL melalui prodi pariwisatanya, memiliki perbedaan dengan prodi pariwisata perguruan tinggi umumnya. Rektor UBL mengungkapkan, prodi pariwisata UBL menonjolkan kebudayaan sesuai nilai-nilai kebudiluhuran sebagai salah satu keunggulan utamanya. Pendekatan ini memastikan bahwa para mahasiswa tidak hanya memahami aspek bisnis dan manajemen pariwisata, tetapi juga memiliki kesadaran budaya yang tinggi dan mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal dalam industri pariwisata.

 

“Kami berkolaborasi dengan asosiasi, pemerintah baik pusat maupun daerah juga pelaku industri pariwisata yang ada. Tanpa kolaborasi, mustahil kerja kami bisa optimal hasilnya,” kata Rektor.

 

Pada kesempatan yang sama, Dekan FEB UBL Prof Dr Drs Selamet Riyadi, M.Si mengatakan Prodi Pariwisata UBL dirancang untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan mendalam dalam bidang pariwisata, tetapi juga memiliki keahlian praktis sesuai bidang peminatan yang diambil, seperti pada bidang Manajemen Travel, Ekowisata, dan Industri Pariwisata.

 

Prodi Pariwisata UBL ini juga menunjukkan keunggulan lain seperti, mahasiswa Prodi Pariwisata ini akan memiliki Sertifikasi BNSP, sesuai bidang Pariwisata yang diminati.

 

“Program Studi Pariwisata Universitas Budi Luhur memberikan penekanan pada kajian dan analisis mendalam terkait berbagai aspek pariwisata. Namun demikian, program ini tetap memadukan teori dengan praktek, dengan rasio 60:40 sehingga para mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan mereka secara langsung di lapangan,” tegasnya.

 

Tagline "Kuliah Jalan-Jalan, Lulus Jadi Ahli" memberikan gambaran bahwa Prodi Pariwisata UBL menjadi prodi yang menerapkan model perkuliahan yang sangat menyenangkan. “Para mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengikuti field trip ke destinasi super prioritas di Indonesia serta kunjungan studi ke tiga negara, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

 

Lebih lanjut Dekan mengatakan pembukaan Prodi Pariwisata merupakan langkah yang sangat strategis mengingat kebutuhan SDM pariwisata di Indonesia yang masih sangat tinggi. “Data yang saya peroleh dari asosiasi menyebutkan saat ini kita membutuhkan sekitar 300 ribu tour leader. Sedang kita baru ada sekitar 1.200 tour leader dimana hanya 900-an saja yang memiliki sertikat kompetensi,” jelasnya.

 

Tidak hanya peluang kerja yang masih terbuka lebar, industri pariwisata diakui Prof Selamet juga menawarkan penghasilan yang menggiurkan bagi SDM pariwisata. “Sebagai gambaran, seorang tour leader sekali jalan bisa mendapatkan insentifnya minimal Rp7,5 juta,” tuturnya.

 

Sementara itu Kaprodi Pariwisata Dody Wihardi SIP,M.Ikom mengatakan untuk angkatan pertama, Prodi Pariwisata UBL hanya akan menerima 20 mahasiswa. Terbatasnya kuota ini diakui menjadi bagian dari komitmen UBL untuk menghasilkan SDM yang benar-benar berkualitas dan professional di bidang pariwisata.

Usung "Kuliah Jalan-Jalan, Lulus Jadi Ahli", Universitas Budi Luhur Luncurkan Prodi Periwisata
Kaprodi Pariwisata UBL, Dody Wihardi SIP, M. Ikom/redaksi/akuratnews.id

 

Bagi mereka yang berminat bergabung pada angkatan pertama, UBL menawarkan biaya kuliah yang relative terjangkau. “Dari biaya total per semester Rp17.880.000, untuk angkatan pertama hanya membayar Rp5.400.000 dan itu berlaku flat. Sudah begitu, biayanya masih bisa dicicil 4 kali pembayaran,” ujar Dody.

 

Universitas Budi Luhur menegaskan dan berupaya agar mahasiswa Pariwisata dapat lulus dengan tepat waktu. Mahasiswa Prodi Pariwisata ini dapat lulus tanpa skripsi dan TA skripsi yang biasanya menjadi syarat kelulusan di beberapa universitas.

 

Acara peresmian Prodi Pariwisata UBL dimeriahkan oleh Tarian Medley Nusantara dan perform dari beberapa band yang turut berpartisipasi dalam acara peresmian Program Studi Pariwisata Universitas Budi Luhur.

Usung "Kuliah Jalan-Jalan, Lulus Jadi Ahli", Universitas Budi Luhur Luncurkan Prodi Periwisata
Tari Medley Nusantara