Notification

×

Iklan

Iklan

OK OCE Gelar Pelatihan Kewirausahaan di SMKN 3 Yogyakarta

Senin, 16 September 2024 | 13:53 WIB Last Updated 2024-09-16T06:53:52Z

OK OCE Gelar Pelatihan Kewirausahaan di SMKN 3 Yogyakarta
Menanamkan mindset wirausaha sejak dini/dok. OK OCE/akuratnews.id

AKURATNEWS.ID, YOGYAKARTA - Mengatasi pengangguran karena minimnya lapangan kerja, salah satu alternatif solusinya adalah berwirausaha. OK OCE bersama SMKN 3 Yogyakarta menggelar pelatihan kewirausahaan beberapa waktu lalu di Aula SMKN 3 Yogyakarta. 


Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Yogyakarta, Widada,mengatakan, Kolaborasi dengan OK OCE Indonesia antara lain akan bisa menjadi bagian dari pendampingan bisnis termasuk dapat menambah ilmu bagi siswa dalam bidang wirausaha.


“Jadi, setelah lulus sudah siap betul dalam berwirausaha. Atau bahkan sebelum lulus, di luar jam sekolah maupun hari libur sudah mampu menerjuni wirausaha,” tutur Widada.


Sinergi dengan OK OCE Indonesia bisa memberi banyak manfaat maupun hasilnya maksimal. Sehingga, SMK Negeri 3 Yogyakarta dapat menjadi percontohan bagi SMK-SMK lain di DIY dalam berkolaborasi dengan OK OCE Indonesia.


Sementara itu, Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE, mengatakan, “Gerakan yang kami gulirkan terutama gerakan sosial seperti membantu penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat, misalnya dengan kewirausahaan dan ekonomi kerakyatan,” ungkapnya. 

OK OCE Gelar Pelatihan Kewirausahaan di SMKN 3 Yogyakarta


Mengajak berwirausaha masyarakat sama halnya berpartisipasi mengurangi pengangguran. Selain itu OK OCE Indonesia sifatnya terbuka dalam bersinergi seperti dengan pihak sekolah, kampus, pesantren, pemerintah daerah hingga masyarakat umum.


Iim juga menambahkan,  bagi pengusaha atau wirausaha muda agar sukses berwirausaha ala Sandiaga Uno antara lain bisa memenuhi kriteria antara lain sebagai berikut: berani mengambil risiko, inovatif adaptif dan kolaboratif.


Penting pula, bisa menjalin relasi dan networking secara baik, selalu mampu mengasah softskill: negosiasi, komunikasi dan promosi. Tak kalah penting bisa bekerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas.


Sedangkan salah satu peserta kegiatan, M Risky Pratama siswa Kelas 11 Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 3 Yogyakarta mengaku merasa senang dapat mengikuti kegiatan tersebut.


“Sejak kelas tiga SMP sampai sekarang, saya sudah senang menerjuni pemasaran online terkait fashion seperti jaket, sepatu, baju dan lainnya. Dengan ikut Kuliah Umum Kewirausahaan seperti saat ini, semakin banyak wawasan dan ilmu bisa saya peroleh,” paparnya.