Notification

×

Iklan

Iklan

Pelaku UMKM Sidoarjo Keluhkan Modal, Plt Bupati Subandi Tawarkan Solusi Ini

Kamis, 05 September 2024 | 20:03 WIB Last Updated 2024-09-05T22:46:51Z

Plt Bupati Sidoarjo, Subandi

AKURATNEWS.IDSIDOARJO - Selama ini, Deni, warga Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo membuka usaha olahan bandeng presto dan otak-otak udang.


Namun disayangkan, sejauh ini dia masih kesulitan mengembangkan usahanya, karena terbentur modal yang sangat minim. Apalagi, dia membuat olahan itu menyesuaikan pesanan pelanggan. Tak banyak, kisaran 20 - 30 ekor dengan harga Rp15 ribu per ekor.


"Sebenarnya saya ingin beli frezer (tempat penyimpanan ikan, agar awet dan segar), tapi harganya mahal sekali. Sedangkan, pendapatan saya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari," keluhnya seperti dilansir dari rilis Dinas Kominfo Sidoarjo.


Itulah keluh-kesah Deni yang diungkapkan kepada Plt Bupati Sidoarjo, Subandi saat bertandang ke rumahnya, Kamis (5/9/2024).


Mendengar keluhan Deni tersebut, akhirnya Plt Bupati Subandi menawarkan solusi padanya untuk mengikuti program bantuan dana bergulir dengan bunga rendah 0,2% per tahun.


Dijelaskan, program bantuan dana bergulir yang diadakan Pemkab Sidoarjo itu, guna membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Rencananya program ini mulai direalisasikan awal 2025 mendatang.


"Disamping itu, kita juga akan berikan pendampingan dan pelatihan berbasis digital kepada para pelaku UMKM, agar usaha mereka bisa go internasional," pungkasnya. (Way)