Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Zanzibar ke Pelindo, Sektor Maritim Berpotensi Ada Kerjasama?

Minggu, 08 September 2024 | 20:20 WIB Last Updated 2024-09-08T13:20:53Z

Presiden Zanzibar ke Pelindo, Sektor Maritim Berpotensi Ada Kerjasama?
Presiden Zanzibar  bersama Direktur Utama Pelindo/DOK. Pelindo/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyambut kedatangan Presiden Zanzibar, Hussein Ali Mwinyi di Pelabuhan Tanjung Priok pada 5 September 2024. Sebelumnya, Presiden Hussein Ali Mwinyi melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada 2 September 2024 lalu.

 

Pada kunjungan perdana ini, selain membahas mengenai peluang sinergi antara Zanzibar dan Indonesia, juga menjadi momentum untuk bertukar pemikiran mengenai pengembangan dan pengelolaan pada sektor pelabuhan mengingat persamaan yang dimiliki Indonesia dan Zanzibar sebagai negara kepulauan.

 

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono dalam sambutannya mengatakan, negara kepulauan memiliki tantangan dan kesempatan tersendiri terkait konektivitas.

 

“Pelabuhan memiliki peranan penting dalam memberdayakan perdagangan, menghubungkan rantai logistik nasional, dan memungkinkan distribusi di kepulauan itu untuk mendorong pembangunan ekonomi,” ujar Arif.

 

Presiden Zanzibar menyampaikan potensi kerjasama pada sektor pelabuhan yang saat ini dalam tahapan pengembangan.

 

“Kami ingin belajar penerapan excellent port services dan mencari potensi kolaborasi ke depannya. Kami berterimakasih juga atas inisiasi Pelindo membuka kesempatan kerjasama dalam bentuk capacity building, dimana personil dari pelabuhan Zanzibar bisa belajar ke Indonesia,” ujar Hussein.

 

Dalam kunjungan ini Presiden Zanzibar bersama beberapa Menteri Kabinet dan Delegasi lainnya yang turut hadir, juga menyaksikan pelaksanaan operasional Pelabuhan Tanjung Priok melalui Planning and Control Tower Pelabuhan Tanjung Priok, untuk mendapatkan gambaran tentang pengelolaan integrated port di Indonesia.