Notification

×

Iklan

Iklan

Diminati Generasi Milenial, Pembiayaan Emas BCA Syariah Naik Signifikan

Senin, 07 Oktober 2024 | 21:21 WIB Last Updated 2024-10-07T14:23:09Z

Diminati Generasi Milenial, Pembiayaan Emas BCA Syariah Naik Signifikan
Direktur BCA Syariah Pranata (kaca mata), dalam acara “Cerdas Berinvestasi Emas” di Jakarta, Senin (07/10/2024)/dok.BCA Syariah/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, JAKARTA - PT.Bank BCA Syariah mencatat pertumbuhan pembiayaan emas sebesar 210,8 persen secara tahunan (year-on-year/YoY) pada Agustus 2024. 


Direktur BCA Syariah Pranata mengatakan, geliat investasi emas oleh masyarakat terlihat dari perkembangan produk pembiayaan Murabahah Emas iB. Produk ini merupakan produk dari BCA Syariah untuk kepemilikan logam mulia (emas) dengan prinsip syariah menggunakan akad murabahah (jual beli). 


 Lebih lanjut Pranata menjelaskan, pada Agustus 2024, kinerja pembiayaan emas di BCA Syariah mengalami tren kenaikan yang fantastis. Tercatat di bulan tersebut, BCA Syariah berhasil membukukan pertumbuhan positif untuk pembiayaan konsumer mencapai 89,1 persen.  Pertumbuhan ini naik signifikan  dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 


"Di Agustus 2024, outstanding pembiayaan emas BCA Syariah meningkat 210,80 persen secara year-on-year/yoy dari Rp41,0 miliar pada Agustus 2023 menjadi Rp127,3 miliar pada Agustus 2024," ujar Pranata dalam acara “Cerdas Berinvestasi Emas” di Jakarta, Senin (07/10/2024). 


"BCA Syariah optimis bisa menutup tahun ini dengan target pembiayaan emas mencapai Rp300 miliar dan pertumbuhan di kisaran 20 persen sampai 30 persen," ungkapnya.


Pencapaian tersebut menurut Pranata, turut mencerminkan meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi melalui pembiayaan emas di BCA Syariah.  


Investasi emas sebagai instrumen investasi yang aman dan menguntungkan di tengah ketidakpastian global. Untuk itu, BCA Syariah mengedepankan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas dengan modal yang terjangkau.


Jika dilihat dari segmentasi nasabah, 42 persen dari nasabah pembiayaan merupakan kaum milenial dengan ticket size pembiayaan sebesar Rp21 juta dan jangka waktu pembiayaan yang paling diminati adalah 1 tahun.


Menurutnya, generasi muda saat ini mengharapkan investasi yang mudah, cepat dan menguntungkan. Selain proses pengajuan pembiayaan yang sangat mudah, keunggulan dari pembiayaan emas BCA Syariah antara lain kepastian gramasi dan angsuran hingga akhir pembiayaan dengan jangka waktu yang dapat disesuaikan dengan kemampuan nasabah.


"Emas tetap menjadi salah satu instrumen investasi primadona bagi nasabah, utamanya kalangan generasi milenial. Demand-nya di masyarakat itu juga sangat baik, naik cukup signifikan,” ujar Pranata


Disampaikan Pranata, kemudahan dan kenyamanan layanan merupakan prioritas bagi BCA Syariah. Pembiayaan Emas iB dilengkapi kemudahan pengajuan pembiayaan dengan layanan akad ditempat untuk pengajuan pembiayaan di luar cabang. 


Saat ini BCA Syariah juga tengah mengembangkan pengajuan pembiayaan Emas iB secara online melalui mobile banking yang terbaru yaitu BSya (bi-sya) by BCA Syariah.


"Melalui pembiayaan Emas iB, kami ingin meningkatkan akses masyarakat terhadap produk investasi di bank syariah sekaligus membantu mengamankan masa depan finansial mereka dengan tetap mematuhi prinsip-prinsip syariah,” Pranata menambahkan. 


Dalam kesempatan yang sama, Financial Planner Aliyah Natasya mengatakan, generasi muda harus melek investasi untuk mendapatkan keamanan finansial di masa yang mendatang. 


Di tengah gejolak geopolitik yang mempengaruhi kondisi ekonomi saat ini, masyarakat perlu memahami pilihan instrumen tepat untuk berinvestasi. Emas menjadi salah satu pilihan yang tepat karena relatif aman, likuid dan menguntungkan dalam jangka waktu sedang maupun panjang," pungkas Aliyah.