Notification

×

Iklan

Iklan

Silaturahim dan Kebangkitan Semangat di Reuni 2 Dekade Gontor Putri 2004

Selasa, 22 Oktober 2024 | 08:47 WIB Last Updated 2024-10-22T01:47:42Z

Silaturahim dan Kebangkitan Semangat di Reuni 2 Dekade Gontor Putri 2004
Silaturahmi Alumni Gontor Putri/Dok. Ist/akuratnews.id


AKURATNEWS.ID, SOLO - Pondok Pesantren Putri Pondok Modern Darussalam Gontor yang berdiri sejak tahun 1990 telah banyak mencetak santri putri yang kini telah berkontribusi di berbagai bidang di masyarakat. Salah satu angkatan yang berhasil menorehkan prestasi penting adalah Alumni Putri Gontor Angkatan 2004 yang pada tanggal 20 Oktober 2024 lalu genap 20 tahun wisudanya.


Dalam rangka mempererat tali silaturahmi, mempererat tali persaudaraan, dan meraih keridhaan Allah SWT, digelarlah Reuni Les Jezure Van Zafeera 2 Dasawarsa. Acara puncak reuni ini digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, selama dua hari, yakni pada tanggal 18 dan 19 Oktober 2024. Kegiatan diawali dengan silaturahmi di Solo dan dilanjutkan dengan rihlah atau perjalanan menuju Pondok Pesantren Putri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 1, 2, dan 3 di Ngawi, Jawa Timur.


Rangkaian kegiatan reuni ini telah berlangsung sejak Oktober 2023, melalui berbagai acara bulanan seperti lomba dan webinar yang rutin diadakan. Panitia reuni yang dipimpin oleh Ustadzah Najwa Mu’minah berhasil mengumpulkan sekitar 340 alumni (data per Oktober 2024).


Puncak acara reuni dihadiri oleh Ust. KH. Dr. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A. yang pernah mendampingi para alumni dalam perjalanan pendidikannya saat menjadi mahasiswa tahun 1998-2004. Kini, beliau menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Kehadiran beliau memberikan kesan yang mendalam, terutama saat menyampaikan ceramah yang bermakna:


“Apapun kondisi kita, jangan pernah lupa untuk selalu menggelar sajadah. Hadapi segala rintangan dan keluh kesah dengan usaha yang maksimal dan saling menguatkan. Teruslah melangkah hingga sampai di garis akhir, dan garis akhir kita adalah surga. Mohon kepada Allah agar meraih surga di dunia dan akhirat, dengan terus berusaha dan berdoa agar kita dapat bertemu di Jannah-Nya.”


Ust. KH. Dr. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A. turut didampingi oleh sang istri, Ustadzah Nihayah yang pada kesempatan tersebut memberikan wejangan kepada para alumni, khususnya yang telah berkeluarga:


"Berusahalah untuk menjadi wanita yang solehah, setinggi apapun jabatan kita. Akan lebih baik jika kita dapat menaklukkan hati suami dengan ketakwaan kita, dan menjadi yang terbaik sesuai dengan kemampuan kita sebagai wanita."


Selain silaturahmi, pada hari kedua, para alumni melanjutkan kegiatan dengan menelusuri tiga kampus Pondok Pesantren Putri Pondok Modern Darussalam Gontor di Ngawi. Para alumni menelusuri kembali jejak perjuangan mereka selama menempuh pendidikan sebagai santri putri, meskipun banyak perubahan yang terjadi selama 20 tahun terakhir, namun kenangannya tetap membekas dalam ingatan mereka.


Sebanyak 194 alumni yang hadir dalam acara tersebut merasakan semangat baru untuk terus memperbaiki diri, menjadi lebih produktif, dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Alumni Gontor Putri 2004 kini tidak hanya berkiprah di bidang keagamaan dan pendidikan saja, tetapi juga di berbagai sektor lain, seperti pemerintahan, swasta, wirausaha, dan bidang kreatif.


Ustadzah Najwa Mu’minah dalam penutupan acara menyampaikan harapannya: “Semoga reuni ini bukan hanya sebagai ajang silaturahmi setelah sekian lama tidak berjumpa, tetapi juga sebagai ajang untuk saling menguatkan. Kita diingatkan kembali akan perjuangan dan kedisiplinan saat kita menjadi santri putri, agar setelah ini kita bisa menjadi insan yang lebih baik di tempat tinggal masing-masing, dan menebarkan kebaikan kepada orang-orang di sekitar kita, dimulai dari keluarga, yang merupakan titik tolak untuk meraih keridhaan Allah.”