Aktivitas di Terminal Penumpang Pelindo Regional 4/Foto. Pelindo/akuratnews.id |
AKURATNEWS.ID, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 berkomitmen untuk senantiasa memastikan kelancaran operasional di seluruh pelabuhan yang dikelolanya, khususnya pada puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Langkah ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa serta menjaga kelancaran arus penumpang dan barang pada masa libur akhir tahun.
Pelindo sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi penggerak sektor logistik nasional telah menyiapkan berbagai langkah guna memastikan kelancaran operasional di seluruh pelabuhan, khususnya dalam menyambut libur Nataru.
Direktur Eksekutif 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan pihaknya telah mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas pelabuhan pada libur Nataru tahun ini yang diprediksi meningkat hingga 12,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, khususnya bagi penumpang moda transportasi laut.
"Untuk menyambut musim liburan Natal dan Tahun Baru tahun ini, kami telah melakukan berbagai koordinasi intensif dengan para pemangku kepentingan, baik otoritas pelabuhan, operator kapal, dan aparat keamanan guna memastikan seluruh aspek operasional berjalan lancar. Selain itu, kami juga telah memperkuat protokol keamanan dan keselamatan, serta telah menyiapkan berbagai fasilitas di pelabuhan-pelabuhan di Wilayah 4," terang Azis, dalam keterangannya.
Selama ini, kata Abdul Azis, setiap tahun Pelindo selalu melakukan pembenahan atau perbaikan fasilitas terminal penumpang seperti ruang tunggu penumpang, ruang tunggu penumpang yang menginap, ruang kesehatan, garbarata, lift, toilet difabel, ruang bermain anak, kursi roda, ruang kontrol (CCTV).
"Kami juga menyiapkan tenda, kursi, dan toilet yang selalu bersih. Selain itu, kami juga meningkatkan fasilitas keamanan dan menyediakan autogate. Serta meningkatkan fasilitas sterilisasi untuk ruang tunggu terminal penumpang."
Abdul Azis menambahkan, selain menambah berbagai fasilitas, layanan digital juga diperkuat di mana pihaknya memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam layanan kepelabuhanan, seperti e-pass untuk akses terminal dan aplikasi pelacakan barang, guna mempercepat proses administrasi dan operasional. Serta menyediakan sistem monitoring operasional 24/7 guna memastikan kelancaran aktivitas di seluruh pelabuhan yang berada di bawah pengelolaan Regional 4 di Kawasan Indonesia Timur (KTI).
Pelindo Regional 4 juga bersinergi dengan kepolisian, TNI, dan Basarnas untuk meningkatkan keamanan di area pelabuhan. Selain itu, langkah antisipasi terkait kondisi cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini terjadi, khususnya di wilayah Makassar dan sekitarnya, juga telah disiapkan guna meminimalisir potensi gangguan operasional.
"Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang aman, nyaman, dan efisien pada periode libur Nataru kali ini. Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan melalui pelabuhan agar mematuhi ketentuan yang berlaku dan memanfaatkan fasilitas layanan yang telah kami sediakan," ujar Direktur Utama 4 Pelindo Regional 4.
Sementara itu, Division Head of Operational Services Pelindo Regional 4 Yusida M. Palesang mengatakan penambahan sejumlah fasilitas dan antisipasi lonjakan penumpang menjelang libur Nataru tahun ini dilakukan pihaknya di seluruh pelabuhan yang dikelola di Regional 4, termasuk Pelabuhan Nusantara Parepare.
“Khusus di Pelabuhan Parepare yang juga selalu ramai saat libur Natal dan Tahun Baru, kapasitas yang tersedia saat ini sebanyak 750 orang. Selain itu, juga ada penambahan apron di sisi laut dan Ruang Tunggu Sementara (RTS) di sisi darat sehingga total kapasitas di Pelabuhan Nusantara Parepare saat ini kurang lebih 1.500 orang,” terang Yusida.
Pelindo juga telah menyiapkan posko siaga bekerja sama dengan berbagai elemen stakeholder pelabuhan dalam rangka penguatan Posko Angkutan Nataru 2024/2025. Pelindo bekerja sama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kesatuan Pelaksana Keamanan Pelabuhan (KPPP), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), dan instansi pemerintah terkait untuk melakukan monitoring dan pengendalian arus penumpang, pengecekan syarat perjalanan, serta penyediaan informasi penting bagi penumpang.
“Termasuk jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal agar tidak terjadi penumpukan penumpang baik di ruang tunggu terminal maupun di area pelabuhan,” ungkapnya.
Branch Manager (BM) PT Pelindo Multi Terminal Parepare, I Nengah Suryana Jendra menambahkan, kemarin (Senin, 23 Desember 2024) ada dua kapal yang sandar di Pelabuhan Nusantara Parepare, yakni KM Binaiya dan KM Siguntang, sehingga calon penumpang dari kedua kapal tersebut cukup memadati Terminal Penumpang Ajatappareng Pelabuhan Parepare.
“Ada yang menempati kursi yang tersedia di depan terminal penumpang dan ada juga yang duduk di dalam terminal penumpang. Namun ada juga penumpang yang menempati fasilitas yang letaknya di luar terminal penumpang, yang juga tersedia kursi dan tempat untuk lesehan bagi calon penumpang yang memang ingin duduk secara lesehan,” kata Nengah.
Sejauh ini menurut dia, fasilitas dan kapasitas yang tersedia telah cukup memadai untuk menampung para calon penumpang kapal yang akan melakukan perjalanan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Parepare.
“Semoga libur Natal dan Tahun Baru kali ini tanpa ada sesuatu kendala yang berarti, dan para penumpang kapal dapat menikmati perjalanan mereka menggunakan moda transportasi laut dengan aman, nyaman, dan tertib,” tutup Nengah.